Senin, 02 Februari 2015

Mozilla Firefox


Mozilla Firefox


DEFINISI atau Pengertian istilah Mozilla Firefox apa yang dimaksud dengan mozilla firefox? - Awalnya bernama Phoenix, dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird, adalah aplikasi penjelajah web antarplatform bersifat gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla, dan ratusan sukarelawan.
Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. saat tulisan ini dibuat, Mozilla Firefox sudah mencapai versi 3.6.6.Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dariForbes dan Wall Street Journal.  Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratissumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. 
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan cliente-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang browser
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting.  Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan "crash" jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.

Sejarah Firefox 

Bukan hal yang asing lagi bagi pelancar dunia maya tentang firefox. Browser besutan Mozilla ini memang sangat power full dalam membantu setiap aktifitas kita di dunia maya. Fungsionalitasnya sangat meluas dengan berbagai fitur seperti add-on, tema, plugin dan skrip. Tapi tahukan anda awal mula nama firefox sebelumnya? Nah pada kesempatan kali ini awalmula.com akan berbagi informasi tentang sejarah awal mula firefox sebagai penambah ilmu pengetahuan kita.
Sebelumnya Mozilla Firefox bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird, merupakan penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihakmedia, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini.


 Kelebihan Mozilla Firefox

1.         Kelebihan Firefox Dibandingkan IE Merupakan browser dengan perkembangan paling pesat dan jumlah pengguna yang terus meningkat
2.         Ukuran download yang jauh lebih kecil
3.         Banyak tersedia addons untuk kelengkapan fungsi dari firefox
4.         Ada komunitas pengembangnya di seluruh dunia (Betatester)
5.         Kemungkinan konfigurasi yang sangat banyak, jauh dibandingkan IE
6.         Perkambangan yang sangat pesat
7.         Keamanan browser lebih terjamin dari browser lain
8.         Meningkatkan popularitas di mata para pengguna internet sangat baik
9.         Konfigurasi browser yang lebih lengkap dibandingkan dengan Internet Explorer
10.     Ukuran aplikasi yang relative kecil
11.     Penampilan halaman yang lebih ringkas, luas dan area toolbar lebih ringkas

Kekurangan Mozilla Firefox

1.         Startup time (waktu menjalankan program pertama kali) sangat lambat dan berat
2.         Tidak berfungsi optimal bila tidak ditambahi addons
3.         Para krackers sekarang mulai membidik browser ini, karena jumlah penggunanya yang besar
4.         Program update berarti mendownload versi baru dari Firefox, berbeda dengan IE yang hanya mengupgrade modulnya saja .
5.         Banyak addons tidak berfungsi apabila Firefox telah diupdate. (berlaku untuk perubahan yang besar, misalnya dari versi 2 ke versi 3.
6.         Membutuhkan waktu yang lama saat pertama kali menjalankannya.Adanya kebutuhan terhadap add on agar dapat berfungsi optimal, melihat keganasan para cracker setelah mengetahui tingkat popularitasnya yang tinggi.
7.         Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan Browser Mozilla Firefox. Mozilla Firefox tidak terintegrasi dengan Outlook dan Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak berjalan dengan baik

Versi – versi Mozilla Firefox

1.         Versi 1.0 (9 November 2004) Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya.
2.         Versi 2.0 (24 Oktober 2006) Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan crash jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki. Dalam versi ini mozilla firefox 2.0 sudah mengalami banyak perbaikan. bahkan, pesaing utama web browser ini yaitu internet explorer sudah mulai kehilangan para penggunanya dan berpindah ke browser mozilla.
3.         Versi 3.0 (17 Juni 2008) merupakan versi pertama yang mendukung antarmuka Bahasa Indonesia. Ada rekor yang sensasional yang telah dibuat oleh browser berlambang rubah ini. Dalam persaingan yang cukup ketat antara 2 browser yang cukup mendominasi antara Internet Explorer dan opera, Mozilla Firefox berhasil memebuat Angka Download 1 Miliar pada tanggal 1 Agustus 2009.
4.         Versi 27.0 (2 Februari 2014) merupakan versi terbaru dan terstabil. Versi baru 27.0 dirilis dengan beberapa perubahan, perbaikan, dan fitur baru, yaitu :
1.         Memperbolehkan untuk menjalankan lebih dari satu layanan ketika menggunakan Sosial API pada Firefox
2.         Secara default, TLS 1.1 dan TLS 1.2 diaktifkan
3.         Ditambahkan dukungan untuk protokol SPDY 3.1
4.         Kemampuan untuk mereset model lembar menggunakan "all:unset"
5.         Sekarang Anda bisa memilih untuk men-deobfuscate javaskrip di dalam debugger
6.         Ditambahkan dukungan untuk fieldsets yang digulir
7.         Diimplementasikan untuk memperbolehkan popup direktif untuk iframe sandbox, memungkinkan penambahan keamanan
8.         Kunci kursor CSS -moz-grab dan -moz-grabbing sudah unprefixed
9.         Ditambahkan dukungan untuk generator ES6 dalam SpiderMonkey
10.     Diimplementasikan dukungan untuk fungsi matematika Math.hypot() dalam ES6
11.     Dukungan untuk garis putus-putus dalam Kanvas
12.     Rendering untuk mendapatkan konten Azure/Skia bekerja pada Linux
     13.  Perbaikan keamanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar